fbpx

4 Cara Mudah Untuk Memperoleh Air Bersih

Memperoleh Air Bersih

Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Namun, di banyak tempat di seluruh dunia, terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil, orang-orang kesulitan untuk memperoleh air bersih yang aman untuk dikonsumsi. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat air bersih merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia.

Baca juga: 5 Penyebab Tagihan Air Membengkak

Untuk memperoleh air bersih, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi penyaringan air. Teknologi ini dapat menghilangkan bakteri dan kontaminan lainnya dari air, sehingga air yang dihasilkan bisa dikonsumsi dengan aman.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk memperoleh air bersih, seperti mengolah air hujan atau air sungai dengan cara tertentu agar bisa dikonsumsi dengan aman. Dan masih banyak cara lainnya untuk memperoleh air bersih. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara yang umum digunakan untuk memperoleh air bersih yang dapat kita gunakan secara langsung atau melalui pengolahan sederhana dulu.

Melalui PDAM

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh air bersih adalah dengan berlangganan air ke PDAM. Air dari PDAM adalah yang termasuk bisa dikonsumsi secara langsung untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Akan tetapi air PDAM ini kadang belum tersedia diberbagai tempat.

AIR HUJAN

Cara selanjutnya untuk memperoleh air bersih adalah dengan mengumpulkan air hujan. Air hujan sendiri merupakan air murni yang berasal dari proses sublimasi uap air di udara. Namun, air hujan dapat tercemar oleh gas, jasad renik, debu, dan kotoran burung yang terlarut di udara.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Cek Pemakaian Air !

Untuk memperoleh air hujan yang bersih, Anda dapat mengumpulkan air hujan dari genteng atau talang rumah ke dalam bak penampungan. Agar air hujan tidak tercemar, sebaiknya Anda mengumpulkan air hujan 15 menit setelah hujan turun. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan saringan dari ijuk, kerikil, atau pasir di bawah talang untuk menyaring kotoran-kotoran kecil. Sebelum air hujan dikonsumsi, sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi.

MATA AIR

Air mata air biasanya banyak terdapat di daerah pegunungan atau perbukitan. Air mata air berasal dari air hujan yang meresap ke dalam tanah dan kembali muncul di permukaan tanah karena adanya kondisi geologis yang memungkinkannya. Kondisi geologis tersebut juga mempengaruhi kualitas air mata air, dan umumnya air mata air memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, sebaiknya air mata air tersebut dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Musim Kemarau Tiba? Ini 5 Cara Mengatasi Kekeringan Air

AIR TANAH

Air tanah adalah air yang terdapat di dalam bumi dan berasal dari air hujan yang meresap ke dalam tanah. Air tanah dapat dibagi menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam. Cara untuk memperoleh air tanah adalah dengan mengebor atau menggali. Ada beberapa macam sumur yang bisa digunakan untuk memperoleh air tanah, di antaranya adalah:

  1. Sumur gali, yaitu sarana untuk memperoleh air tanah dengan cara menggali dan menaikkan airnya dengan ditimba.
  2. Sumur pompa tangan, yaitu sarana untuk memperoleh air tanah dengan cara mengebor dan menaikkan airnya dengan menggunakan pompa yang dikendalikan dengan tenaga tangan.
  3. Sumur pompa listrik, yaitu sarana untuk memperoleh air tanah dengan cara mengebor dan menaikkan airnya dengan menggunakan pompa yang dikendalikan dengan tenaga listrik.

Baca juga: Ini Jumlah Pemakaian Normal Air Rumah Tangga!

AIR PERMUKAAN

Air permukaan seperti air sungai, air rawa, air danau, air irigasi, air laut, dan lain-lain merupakan sumber air yang dapat dipakai sebagai air bersih dan air minum, namun perlu melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Air permukaan mudah terkontaminasi oleh bahan pencemar yang mengapung, melayang, mengendap, atau melarut di dalamnya. Karena itu, sebelum dikonsumsi, air permukaan harus diolah terlebih dahulu agar benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi. Proses pengolahan ini dapat memastikan bahwa air permukaan memenuhi syarat sebagai air bersih atau air minum.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda