fbpx

5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi Air Putih

Melakukan aktivitas sehari-hari tubuh Kamu memerlukan energi yang cukup agar setiap organ dapat berfungsi dengan baik. Dalam proses metabolisme tubuh, energi mengubah makanan dan minuman yang Kamu konsumsi. Untuk itu penting bagi Kamu mengetahui apa saja yang baik dan buruk untuk dikonsumsi. Dalam melepaskan dahaga terdapat banyak jenis minuman yang berada di sekitar Kamu yang dapat dikonsumsi, mulai dari minuman kemasan, minuman berenergi, minuman alkohol, dan minuman sehari-hari yaitu air putih. Namun, tahukah Kamu jika minuman yang paling baik untuk dikonsumsi adalah air putih? Kenapa bisa seperti itu? Karena air putih adalah cairan yang bebas dari kalori dan gula sehingga menyehatkan untuk tubuhmu.

Baca juga: 5 Tanaman ini Mampu Menjernihkan Sumber Air Baku !!!

Menurut artikel Dr. Sienny Agustin Kamu disarankan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Sementara untuk wanita hamil disarankan dapat mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter, dan untuk wanita yang baru saja melahirkan disarankan dapat mengonsumsi air putih sebanyak 3 liter. Jika Kamu mengalami beberapa kondisi tertentu seperti sakit, sedang olahraga dan cuaca panas kamu disarankan untuk mengonsumsi air lebih banyak dari sebelumnya, hal ini bertujuan agar tubuhmu tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Yuk simak penjelasan dari PDAM Pintar seberapa penting air untuk dikonsumsi

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kekurangan asupan cairan sehingga menimbulkan rasa sakit kepala, lemas, gangguan konsentrasi, hingga gangguan pada fungsi ginjal. Untuk itu mengonsumsi air putih tidak dapat disepelekan karena pada kondisi parah dehidrasi dapat membahayakan nyawa Kamu.

Memelihara fungsi ginjal

Dalam melakukan kerja tubuh cairan yang dikonsumsi merupakan “alat transportasi” limbah yang keluar masuk sel tubuh. Racun yang melewati organ ginjal kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Nah saat cairan tubuh kita tercukupi dengan maksimal seperti kamu rajin mengonsumsi air putih maka urine yang keluar akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau sehingga kita dapat mendeteksi apakah ginjal Kamu berfungsi dengan normal atau tidak, karena jika urine yang keluar mulai bercampur dengan darah dan atau memiliki bau yang menyengat itu adalah salah satu tanda bahwa ginjal Kamu bermasalah dan harus cepat diperiksakan ke dokter.

Baca juga: Parameter Standar Kualitas Air yang Baik

Meningkatkan energi

Seperti yang sudah PDAM Pintar sampaikan bahwa cairan adalah sumber energi bagi tubuh. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari tubuh mengeluarkan cairan seperti urine, keringat, dan saat kita bernafas. Maka dari itu penting bagi Kamu untuk rajin mengkonsumsi air putih agar sel-sel dalam tubuhmu dapat membuang limbah pencernaan yang tidak diperlukan.

Baca Juga:  Pemakaian Air Rumah Tangga, Ini Rata-Ratanya!

Mengalirkan oksigen ke bagian tubuh lain

Selain mendistribusikan energi, mengkonsumsi air putih yang cukup juga memiliki manfaat yaitu dalam mengalirkan oksigen yang ada di bagian pembuluh darah ke bagian tubuh yang lain, hal tersebut dikarenakan darah manusia mengandung 91%-92% air jadi kebayang kan jika Kamu tidak mengkonsumsi air yang cukup maka peredaran darahmu akan terhambat.

Baca juga: Standar Kebutuhan Air Yang Perlu Diketahui!

Menurunkan berat badan

Nah, jika Kamu sedang berada di fase diet mengkonsumsi air yang cukup adalah salah satu alternatif kamu dalam mewujudkan itu. Mengkonsumsi 1 gelas air putih dapat membakar 7 kalori maka bila Kamu mengkonsumsi air sebanyak 10 gelas setiap hari akan ada 70 kalori yang terbakar. Bisa Kamu bayangkan kan jika rutin mengkonsumsi air putih selama 1 minggu berapa banyak kalori yang terbakar? Jadi Kamu tidak perlu lagi melakukan diet ketat, hanya perlu mengatur pola makan yang sehat serta mengkonsumsi air yang cukup maka kamu akan mendapatkan berat abdan yang ideal serta badan yang sehat.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda