fbpx

5 Manfaat Air Hujan yang Sangat Penting Bagi Makhluk Bumi!

5 Manfaat Air Hujan yang Sangat Penting Bagi Makhluk Bumi!

Saat musim kemarau atau kekeringan datang menyerang, maka hujan sangat ditunggu oleh semua masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang dilanda kekeringan, orang yang tidak merasakan kekeringan juga pasti berharap segera datang hujan agar udara bisa lebih sejuk.

Kehadiran hujan dengan curah yang berlebih bisa berdampak negatif bagi beberapa daerah, misalnya saja menjadi penyebab banjir dan longsor, namun di sisi lain manfaat air hujan tetap penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk yang ada di bumi.

Baca Juga: Ini Dia Jenis Pipa Air yang Sering Digunakan

Manfaat Air Hujan Untuk Makhluk Di Bumi

Air hujan adalah sumber air tawar di bumi, dengan air hujan maka manusia dan makhluk lain yang ada di bumi dapat memenuhi segala kebutuhan yang membutuhkan air. 

Air hujan juga elemen yang sangat penting bagi petani, peternak, dan kegiatan ekonomi lainnya. Berikut ini adalah manfaat lain hadirnya air hujan:

1. Memenuhi Kebutuhan Air

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ketika musim kemarau tiba maka akan terjadi kekeringan, maka dari itu air hujan adalah salah satu yang sangat ditunggu untuk bisa menjadi cadangan air guna memenuhi semua kebutuhan yang berhubungan dengan air.

Memiliki fungsi yang sama dengan air bersih, air hujan ditampung dan digunakan untuk semua kegiatan rumah tangga, tetapi alangkah lebih baiknya jika air hujan di filter agar lebih layak untuk digunakan.

2. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Makhluk hidup di bumi tidak hanya manusia, secara umum ada hewan dan tumbuhan yang juga hidup dan membutuhkan air. Tanaman yang hidup secara liar maka akan mengandalkan air hujan sebagai asupan cairannya, dan air hujan juga membantu ekosistem laut agar tetap hidup.

Baca Juga: Apakah Air Hujan Aman Dikonsumsi? Simak Penjelasannya!

Itulah alasan kenapa air hujan dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem, karena banyak makhluk hidup yang sangat bergantung pada air.

3. Pengembangan Energi Terbarukan

Air merupakan energi yang dapat diperbarui (renewable resources) misalnya adalah energi pembangkit listrik tenaga air. Air hujan dapat dimanfaat untuk menjadi penggerak turbin yang nantinya akan menghasilkan listrik dari energi yang mengalir.

Baca Juga:  4 Perbedaan Air Mineral & Demineral, Ketahui Resikonya!

Selain ditampung sendiri oleh warga masyarakat setempat, air hujan juga ditampung oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) untuk menjadi sumber air yang nantinya akan melalui pengolahan dan penjernihan lalu didistribusikan ke pelanggan.

4. Menjaga Kesuburan Tanah

Manfaat selanjutnya dari air hujan adalah untuk membantu menjaga kesuburan tanah dengan membawa nutrisi dari atmosfer ke tanah. 

Dengan turunnya air hujan maka dapat membantu tanah untuk mengendapkan partikel-partikel besar dari tanah yang terbawa oleh air, dengan begitu kualitas tanah dapat meningkat.

Baca Juga: 4 Perbedaan Air Mineral & Demineral, Ketahui Resikonya!

5. Sarana Pendidikan Dan Kesadaran Lingkungan

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, petani, dan peternakan, air hujan juga digunakan untuk menjadi saran pendidikan dan peningkatan kesadaran bagaimana pentingnya air untuk keberlangsungan hidup. 

Melalui program pendidikan tersebutlah masyarakat bisa belajar bagaimana cara memanfaatkan dan mengelola air hujan yang tepat agar bisa digunakan.

Dari pembahasan di atas maka sudah jelas bahwa peran air hujan sangatlah penting di kala genting, maka dari itu jangan sia-siakan jika hujan sedang turun, dan jangan beranggapan bahwa air hujan selalu membawa dampak yang negatif.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda