fbpx

5 Tips Mudah Membuat Penampungan Air Hujan Sederhana

5 Tips Mudah Membuat Penampungan Air Hujan Sederhana

Seperti yang sudah diketahui bahwa air hujan memiliki banyak manfaat bagi makhluk di bumi. Manfaat bagi manusia pastinya untuk memenuhi kebutuhan air yang digunakan untuk mandi dan memasak, bagi hewan dan tumbuhan pastinya untuk menjaga ekosistem kehidupan mereka.

Namun masih banyak orang belum mengerti cara membuat penampungan atau resapan air yang baik dan benar, beberapa metode sederhana ini bisa digunakan untuk menyimpan air hujan ke dalam media waduk atau tangki.

5 Tips Membuat Penampungan Air di Rumah

Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa diikuti untuk membuat resapan agar air hujan bisa masuk ke penampungan yang sudah disediakan.

1. Teknik Biopori

Tips pertama yang bisa digunakan adalah membuat biopori di setiap sudut rumah yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Biopori ini nantinya akan menyimpan air saat hujan sedang turun dan akan langsung terserap oleh ke dalam lubang-lubang biopori.

Baca Juga: 5 Zat Kimia yang Terkandung Dalam Air Hujan

Cara membuat biopori ini juga cukup mudah, kamu cukup membuat lubang-lubang di setiap sisi pipa lalu diisi dengan dedaunan kering yang nantinya akan menjadi media penyerapannya.

2. Menyediakan Bak Penampung Air

Selain membuat biopori untuk menampung air hujan, hal yang paling sederhana adalah kamu cukup menyiapkan bak atau ember di bawah aliran pipa yang sudah tersambung dengan talang air.

Air yang sudah terkumpul nantinya cukup dipindahkan ke penampungan terbesar yang sudah disiapkan misalnya toren air yang sudah sudah nyambung dengan filter air, jadi air hujan bisa terfiltrasi dan menjadi air yang layak konsumsi.

3. Menggunakan Rainwater Utilization System

Sistem ini tidak hanya digunakan untuk rumah saja, namun digunakan pada semua bangunan. Dan rainwater utilization system ini memiliki tahapan yang cukup panjang mulai dari menampung air hujan, mengalirkannya dengan pipa khusus, masuk ke dalam proses filtrasi untuk memastikan kotoran-kotoran dan zat berbahaya dalam air hujan tidak terbawa.

Air hujan yang sudah melalui proses filtrasi maka akan disimpan ke penampungan air atau tandon air yang sudah disiapkan dan siap dialirkan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Namun untuk membuat rainwater utilization system tidak murah namun mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membuat Penampungan Air Hujan Kolektif

Jika membuat penampungan air hujan sendiri dirasa berat, maka kamu bisa mengajak tetangga satu komplek untuk membuat penampungan air hujan secara kolektif.

Baca Juga:  Proses Pengolahan Air Bersih

Siapkan lahan yang cukup luas, lalu tempatkan tandon air besar di dalamnya, dan kamu bisa memasang pipa untuk mengalirkan air ke rumah-rumah tetangga yang sudah mau bekerjasama untuk membuat penampungan kolektif.

5. Hindari Penggunaan Semen

Menggunakan semen untuk membuat plataran rumah bisa menghambat laju air hujan yang harusnya bisa meresap ke dalam tanah, maka dari itu pendampingan yang sudah disiapkan untuk menampung air hujan menjadi sia-sia.

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Dan Cara Pembayaran Tagihan Air Terbaru

Itulah lima cara yang bisa dilakukan untuk bisa menampung air hujan dengan mudah, silakan kamu pilih cara mana yang akan digunakan. 

Yang pasti untuk menggunakan air hujan dalam kehidupan sehari-hari harus melewati pengolahan yang tepat agar tidak menyebabkan penyakit.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda