fbpx

Info Bayar Tagihan Air secara Digital

Tagihan Air

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan paling dasar dan krusial bagi manusia. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kebanyakan masyarakat bergantung pada PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum, yakni usaha pemerintah dalam menyediakan air minum dan bersih yang universal. Biaya PDAM cenderung lebih murah daripada penyediaan air bersih dan air minum swasta. Selain itu, beban PDAM terbilang lebih rendah karena tidak memakan listrik dan biaya pemasangan lebih murah daripada menggunakan air pompa atau sumur.

Setiap bulannya, pengguna PDAM hanya perlu membayar tagihan air sesuai dengan penggunaan air di bulan sebelumnya. Dulu, pelanggan harus membayar PDAM langsung di kantor PDAM daerah. Tapi, sekarang ada banyak cara lebih praktis untuk mengecek dan membayar tagihan air, loh! Apa saja, ya?

Baca juga: Cara Pengaduan PDAM Online yang Praktis

Cek Tagihan Air lewat Web Resmi

Saat ini, banyak PDAM yang menyediakan situs resmi sesuai domisili masing-masing. Pada situs resmi, anda juga dapat melakukan pengecekan tagihan air anda. Contohnya pada website atau situs resmi milik PDAM Sukabumi yang bekerjasama dengan Bimasakti Alterra.

Tagihan PDAM
Laman Tagihan PDAM Sukabumi

Pada laman Informasi Tagihan, anda hanya perlu memasukkan Nomor Sambungan rekening dan Nama Pelanggan. Setelah itu, klik tombol Cek. Pada bagian Keterangan Pelanggan, data seperti Nama, Nomor Sambungan, Alamat, dan Total Tagihan PDAM pelanggan otomatis akan terlihat.

Cek dan Bayar Tagihan Air lewat Aplikasi

Saat ini, banyak PDAM yang menyediakan atau bekerja sama dengan aplikasi agar pembayaran tagihan dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

Salah satu contohnya adalah aplikasi PDAM Info yang telah bekerjasama dengan berbagai PDAM di Indonesia. Aplikasi PDAM Info adalah inovasi Bimasakti Alterra yang mengintegrasikan pelayanan pelanggan PDAM di satu aplikasi.

Kini, pelanggan PDAM dapat melakukan segala urusan pelanggan mulai dari pendaftaran sambungan air baru hingga membayar tagihan hanya melalui telepon pintar saja. Anda cukup mengunduh aplikasi PDAM Info melalui Google Play.

Setelah mengunduh aplikasi, anda harus login dan mendaftarkan nomor pelanggan atau nomor sambungan anda.

Tagihan PDAM

Anda otomatis akan masuk ke akun anda. Lalu, klik opsi “Tagihan Air” pada beranda aplikasi PDAM Info anda.

Tagihan PDAM

Seusai mengklik tombol “Tagihan Air”, akan muncul informasi tagihan air anda seperti foto di bawah. Untuk membayar, klik tombol “Bayar Tagihan”.

Baca Juga:  4 Perbedaan Air Mineral & Demineral, Ketahui Resikonya!

Baca juga: Ini Dia Aplikasi Cek Tagihan PDAM

Tagihan PDAM

Sebelum membayar, anda harus memilih Metode Pembayaran yang digunakan. PDAM Info terintegrasi dengan sistem pembayaran digital sehingga anda dapat membayar tagihan dengan mudah menggunakan Mobile Banking, Internet Banking, SMS, atau Virtual Account di samping transfer melalui ATM. Pilih salah satu metode yang akan anda gunakan.

Tagihan PDAM

Setelah memilih metode pembayaran, anda harus memilih Bank yang akan anda gunakan untuk membayar.

Tagihan PDAM

Setelah memilih bank, pada layar anda akan muncul “Rincian Tagihan” berisi nominal tagihan yang harus dibayar serta langkah panduan membayar. Bila sudah sesuai, klik “Bayar Tagihan”

Tagihan PDAM
Anda dapat melihat detail tagihan dengan mengklik “Lihat”. Detail tagihan akan muncul di layar seperti ini:
PDAM Info

Anda otomatis akan masuk ke bagian “Penyelesaian Pembayaran” yang menunjukkan detail tagihan serta jangka waktu untuk membayar.

PDAM Info
Setelah melakukan pembayaran, anda harus segera melakukan konfirmasi pembayaran agar tagihan terproses.
PDAM Info

Bayar Tagihan lewat Marketplace dan ATM

Selain aplikasi, anda juga dapat membayar tagihan PDAM melalui Marketplace dan transfer ATM. Bila membayar dengan marketplace, anda hanya perlu membuka aplikasi marketplace dan memilih opsi pembayaran tagihan PDAM serta langkah-langkah yang harus dilakukan.

Bila membayar dengan transfer ATM, pilih opsi pembayaran atau pembelian, lalu pilih opsi Pembayaran PDAM. Anda harus memasukkan kode PDAM sesuai daerah masing-masing, kemudian nomor pelanggan. Setelah nominal tagihan tertera, anda tinggal melakukan transfer di mesin ATM yang sama.

Baca juga: Cara Mudah Cek Info Pelanggan PDAM

Itu dia cara-cara praktis mengecek dan membayar tagihan air PDAM di era digital! Kini, anda tidak perlu lagi repot-repot ke kantor PDAM setiap bulannya. Yuk, beralih ke penggunaan PDAM yang mudah dan nyaman dengan PDAM Info!

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda

Pesan Anda sudah terkirim!