fbpx

5 Cara Pengaduan PDAM Online yang Praktis

Pengaduan PDAM

PDAM merupakan salah satu layanan publik yang penting. Pasokan air bersih dan air minum yang dibutuhkan sehari-hari membuat PDAM erat dengan kehidupan masyarakat. Tingginya permintaan juga menuntut sistem pengaduan dan pelayanan umum yang mumpuni. Keluhan seperti air yang kotor, tekanan air yang turun, jaringan pipa yang rusak, dan lain-lain kerap diadukan oleh masyarakat.

Dahulu, apabila ada keluhan, pelanggan harus mendatangi kantor PDAM secara langsung atau menghubungi kontak yang ada. Namun kini pengaduan PDAM dapat dilakukan secara online, loh!
Lantas, apa saja cara melakukan pengaduan online kepada PDAM? Yuk, simak pada artikel ini!

Baca juga: Cara Mudah Cek Info Pelanggan PDAM

Pengaduan PDAM melalui Website

Saat ini, nyaris seluruh PDAM di berbagai daerah sudah memiliki website atau situ resmi masing-masing. Pada situs resmi PDAM tiap daerah, pelanggan dapat mengirimkan keluhan melalui kolom aduan.

Bima Sakti Alterra bekerja sama dengan berbagai PDAM di Indonesia untuk mempermudah sistem pelayanan SPAM, salah satunya adalah penyediaan pengaduan praktis melalui website. Contohnya melalui laman resmi yang bekerjasama dengan Bima Sakti Alterra adalah pada PDAM Kota Manado dan PDAM Kota Jayapura. Pelanggan di kedua daerah tersebut dapat mengunjungi laman aduan resmi http://pdamkotamanado.co.id/keluhan-pelanggan untuk PDAM Kota Manado dan https://pdamjayapura.co.id/pengaduan untuk PDAM Kota Jayapura.

Pengaduan PDAM

Bila laman Penanganan Keluhan PDAM sudah terbuka seperti foto di atas, pelanggan akan menjumpai kolom pelaporan keluhan. Untuk menambahkan laporan, pelanggan hanya perlu mengklik tombol ‘Tambah Keluhan’.

Pengaduan PDAM

Setelah mengklik tombol ‘Tambah Keluhan’, pelanggan harus memasukkan nomor sambungan PDAM. Pelanggan akan mendapatkan Nomor Keluhan yang dapat digunakan untuk mengecek keluhan yang sudah pelanggan submit. 

Laman keluhan pada PDAM Kota Manado dan Kota Jayapura sudah diintegrasikan oleh Bima Sakti Alterra, sehingga keluhan pelanggan secara otomatis terkirim ke sistem yang terintegrasi dengan layanan PDAM Pintar. 

Pengaduan melalui Call Centre Resmi

PDAM di berbagai penjuru Indonesia kini memiliki Call Centre atau Hotline resmi. Call Centre atau Hotline adalah nomor telepon tertentu milik PDAM yang dapat dihubungi pelanggan untuk melakukan keluhan atau aduan. Pelanggan dapat menemukan nomor Call Centre PDAM di situs resmi PDAM daerah masing-masing. Kekurangan Call Centre adalah memerlukan pulsa yang cukup banyak untuk melakukan panggilan.

Baca Juga:  Budaya Kerja : Pengertian Serta Jenisnya

Baca juga: Cara Mudah Cek Info Pelanggan PDAM

Pengaduan melalui SMS / Whatsapp

Serupa dengan Call Centre atau Hotline, banyak PDAM yang turut menyediakan nomor telepon untuk dihubungi lewat SMS atau Whatsapp. Pelanggan cukup mengirimkan SMS atau pesan melalui aplikasi Whatsapp pada nomor yang ada. Sistem ini jauh lebih efisien dibandingkan Call Centre karena pelanggan tidak perlu melakukan panggilan suara. Dengan SMS atau Whatsapp, biaya pulsa atau data yang dihabiskan lebih murah.

Pengaduan PDAM melalui Aplikasi

Sistem pengaduan PDAM praktis lainnya adalah melalui aplikasi. Saat ini, banyak aplikasi yang dapat digunakan pelanggan untuk mengirimkan aduan, hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut di telepon pintar atau smartphone

Contoh aplikasi pengaduan PDAM adalah PDAM Info, salah satu produk Bima Sakti Alterra. Pelanggan PDAM yang sudah bermitra dengan Bima Sakti Alterra hanya perlu mengunduh aplikasi PDAM Info di Play Store atau App Store. Pada aplikasi PDAM Info, terdapat berbagai fitur yang mempermudah penggunaan PDAM, mulai dari membayar tagihan hingga menyampaikan pengaduan.

Pelanggan hanya perlu memilih fitur pengaduan pada aplikasi PDAM Info, memasukkan nomor sambungan, dan menyampaikan keluhan. Keluhan otomatis diterima oleh PDAM yang bersangkutan dan dapat ditangani secara langsung. 

Pengaduan PDAM melalui Media Sosial

Kini, banyak PDAM yang juga telah memiliki akun media sosial di berbagai kanal, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain-lain. Keuntungan pengaduan lewat media sosial adalah jauh lebih praktis dibanding sistem lainnya. Terutama, saat ini rata-rata masyarakat pasti memiliki minimal 1 (satu) akun media sosial di telepon genggam masing-masing. Pelanggan hanya perlu mencari akun media sosial PDAM di daerah masing-masing dan mengirimkan pesan atau komentar ke akun tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Bayar PDAM Online

Itu dia 5 cara praktis bagi pelanggan untuk melakukan pengaduan PDAM. Kini, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor PDAM dan pengaduan dapat segera ditangani!

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda

Pesan Anda sudah terkirim!