Sebagai pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), penting bagi kita untuk rutin memeriksa dan membayar tagihan bulanan agar terhindar dari denda. Namun, dalam proses pembayaran tagihan tersebut, kita membutuhkan nomor pelanggan PDAM. Jika nomor pelanggan tersebut hilang, jangan khawatir! Terdapat beberapa cara untuk mendapatkannya kembali tanpa harus mengunjungi kantor PDAM. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Baca juga: Panduan Hemat Air di Rumah Tangga: Cara Mengatur Kebutuhan Air
Daftar Isi
Toggle1. Melalui Meteran Air
Setiap pelanggan PDAM umumnya memiliki meteran air di lokasi langganan. Ternyata, nomor pelanggan PDAM dapat ditemukan pada meteran air tersebut. Petugas biasanya menempelkan stiker yang berisi nomor pelanggan pada kaca meteran. Untuk menemukannya, kita perlu membuka tutup meteran terlebih dahulu.
Namun, perlu diingat bahwa penempelan stiker nomor pelanggan merupakan kebijakan yang berbeda-beda di setiap PDAM. Oleh karena itu, posisi stiker pada kaca meteran bisa bervariasi. Ada juga PDAM yang bahkan tidak lagi menempelkan stiker tersebut. Selain itu, tulisan pada stiker juga dapat hilang seiring berjalannya waktu. Jika hal ini terjadi, kita dapat meminta petugas untuk menempelkan stiker baru atau menggunakan cara lain untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM.
2. Mengecek Struk Pembayaran Tagihan Air Bulan Sebelumnya
Cara paling mudah untuk memastikan nomor pelanggan PDAM adalah dengan memeriksa surat tagihan bulan sebelumnya. Setiap bulan, kita menerima surat tagihan tersebut. Jadi, pastikan untuk memeriksa surat tagihan bulan lalu.
Pada surat tagihan tersebut biasanya tertera nama pelanggan, alamat, dan nomor pelanggan atau ID pelanggan PDAM. Letaknya berada di bagian atas surat tagihan. Terdapat beberapa cara untuk mengecek nomor pelanggan PDAM jika kita lupa atau kehilangan catatannya. Kita tidak perlu pergi ke kantor PDAM, karena dapat dilakukan dengan santai di rumah.
3. Mengunjungi Kantor PDAM Setempat
Jika struk pembayaran hilang, kita dapat mengunjungi kantor PDAM setempat untuk meminta informasi mengenai nomor pelanggan. Terutama jika kantor PDAM berlokasi dekat dengan tempat tinggal kita. Meminta bantuan langsung dari petugas akan memberikan hasil yang lebih pasti.
Baca juga: Pentingnya Informasi Tagihan Air untuk Keuangan Anda
Agar kita tidak perlu terus-menerus mengunjungi kantor PDAM untuk mencari tahu nomor pelanggan, pastikan untuk mencatat nomor tersebut dan menyimpannya dengan baik. Kita juga dapat meminta petugas untuk menempelkan atau memperbarui stiker pada meteran air yang mencantumkan nomor pelanggan.
4. Mengecek Melalui Situs Resmi PDAM
Jika struk pembayaran hilang, kita dapat mengunjungi kantor PDAM setempat untuk meminta informasi mengenai nomor pelanggan. Terutama jika kantor PDAM berlokasi dekat dengan tempat tinggal kita. Meminta bantuan langsung dari petugas akan memberikan hasil yang lebih pasti.
Agar kita tidak perlu terus-menerus mengunjungi kantor PDAM untuk mencari tahu nomor pelanggan, pastikan untuk mencatat nomor tersebut dan menyimpannya dengan baik. Kita juga dapat meminta petugas untuk menempelkan atau memperbarui stiker pada meteran air yang mencantumkan nomor pelanggan.
5. Mengecek Melalui Media Sosial
Metode lain untuk mengecek nomor pelanggan PDAM adalah dengan mengakses langsung situs resmi PDAM. Caranya sangat mudah, cukup dengan memasukkan nama dan alamat rumah lengkap kita. Setelah itu, informasi lengkap mengenai data pelanggan beserta nomor pelanggan dapat diakses. Namun, jika PDAM di daerah kita tidak memiliki website, dan semua cara di atas sudah dilakukan, kita harus meluangkan waktu untuk mendatangi kantor PDAM.
6. Menelepon Call Center PDAM
Setiap kantor PDAM biasanya memiliki call center masing-masing. Jika setelah mencoba berbagai cara di atas kita masih belum mendapatkan hasil, langkah selanjutnya adalah menelepon call center PDAM. Kita dapat meminta bantuan dari staf call center untuk mendapatkan nomor pelanggan PDAM.
Baca juga: Kandungan Air PDAM: Pentingnya Mengetahui Apa yang Ada di Dalamnya
Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan kembali nomor pelanggan PDAM yang hilang. Sebagai pelanggan PDAM, penting bagi kita untuk memiliki akses ke nomor pelanggan agar dapat memperoleh informasi tagihan dan melakukan pembayaran dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.