fbpx

Ini Dia Cara Mudah Membaca Meteran Air di Rumah

membaca meteran air

Guna mengetahui jumlah penggunaan air di rumah, pasti kalian mesti membaca alat pengukur air di rumah secara tepat. Dengan mengenali cara membaca meteran air, maka kalian juga jadi tahu jumlah penggunaan air di rumahmu.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Bagi Tubuh

Secara umum terdapat 2 metode pembacaan meteran air, yaitu secara manual serta secara otomatis. Buat metode manual, umumnya bakal terdapat petugas yang menghadiri pelanggan buat mencatat jumlah konsumsi air bersih dalam sebulan. Petugas bakal memakai suatu alat bernama Portable Data Terminal( PDT). Sedangkan metode otomatis mengandalkan sistem mekanikal yang juga dapat dicoba sendiri di rumah tanpa dorongan petugas.

Lalu gimana caranya? simak penjelasannya di bawah ini!

Membaca Meteran Air

Buat membaca meteran air, langkah awal yang wajib dilakukan yakni membuka tutup meteran air tersebut. Setelah itu, perhatikan deretan angka serta warna yang tertera di meteran air tersebut.

Indeks meteran air sendiri terdiri dari 2 warna, ialah hitam serta merah. Peranan dari kedua indeks ini sangat berbeda serta ditunjukkan dalam satuan kubik. Setelah itu, pada tubuh display yang lain ada sebagian bagian pengukuran dengan guna berbeda- beda.

1. Arti Warna Merah Meteran Air

Teknik membaca meteran air yang pertama, ialah mengenali apa arti warna merah. Warna merah ialah petunjuk mengenai satuan liter serta pengujian meteran air.

Baca juga: Syarat Kimiawi Air Bersih yang Wajib Kamu Tahu!

2. Arti Warna Hitam Meteran Air

Sebaliknya arti warna gelap pada meteran air menampilkan satuan dalam m3. Digunakan selaku dasar perhitungan tagihan air. Setelah itu, pada badan display yang lain ada beberapa bagian pengukuran dengan peranan berbeda- beda.

3. Odometer

Odometer berfungsi buat memastikan jumlah air mulai dari dikala dipakai awal kali. Pastikan kalian memperhatikannya tiap bulan, bila tidak jalur indeks maka tidak jadi tagihan bulanan.

4. Dial Besar

Metode membaca meteran air selanjutnya, ialah terdapat dial besar. Dial besar ialah petunjuk satuan air bersih yang kalian konsumsi. Jangan heran dengan ciri centang di antara angka yang lain, karena simbol ini ialah pemisah antara satuan serta ratusan.

Baca Juga:  Keuntungan Menggunakan Air PAM Untuk Keberlangsungan Hidup

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Air Bersih dan Air Minum ?

5. Gerigi Kecil Berupa Segitiga

Metode menghitung flow meter air selanjutnya ini ada pada permukaan meteran. Gerigi kecil berupa segitiga ini adalah penanda aliran rendam serta dapat mengetahui adanya kebocoran air. Itulah metode membaca meteran air yang dapat kalian jalani sendiri di rumah tanpa butuh bantuan petugas.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda

Pesan Anda sudah terkirim!