fbpx

Cek Kualitas Air Dirumah, Ini Ciri-Ciri Air Mengandung Besi!

Cek Kualitas Air Dirumah, Ini Ciri-Ciri Air Mengandung Besi!

Air merupakan sumber daya alam melimpah dan sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Dengan kata lain, sumber daya air ini sifatnya mutlak dan krusial melihat setiap kebutuhan makhluk hidup memerlukan air. Di samping jumlah atau volume air yang dibutuhkan, ada satu hal yang tidak kalah penting yaitu ketersediaan dalam memenuhi kualitas air yang layak untuk digunakan dan dikonsumsi. 

Sebagai sumber daya yang bisa ditemukan di setiap bagian permukaan bumi ini, ternyata tidak semua sumber air ketersediaannya dalam kualitas yang layak, bersih dan murni. Kondisi ini membuat masyarakat kewalahan dalam mencari sumber air bersih dalam memenuhi kehidupan sehari-harinya. Tapi, kini banyak masyarakat yang beralih memanfaatkan air sumur karena mengira air sumur ini terbebas dari bakteri, kandungan kimia dan bahkan mikroorganisme. Mengejutkannya, ketika air sumur ini digunakan sebagai sumber alternatif air bersih pun sering didapati kandungan besi (Fe) dan Mangan (Mn) yang cukup tinggi. Adanya senyawa ini atau unsur lain dari mikroorganisme berpotensi menimbulkan dampak yang tidak diinginkan oleh manusia terutama potensinya dalam mengancam kesehatan manusia. 

Baca juga: Urgensi Menjaga Ketersediaan Air Bersih di Indonesia

Untuk mengetahui apakah air di rumah tercemar oleh zat besi, yuk ikuti penjelasan ciri-ciri air tercemar zat besi di bawah ini.

Ciri-Ciri Air Rumah Mengandung Besi 

1. Endapan berwarna kuning: Air dengan kandungan besi yang sangat tinggi akan memunculkan endapan berwarna kuning, merah, merah kecoklatan hingga hitam setelah tertampung beberapa saat. Ini dikarenakan air sudah tercampur dengan udara dan ketika kandungan besi yang terlarut dalam air itu tinggi, maka akan menjadi butir-butir karat yang akhirnya mengendap di dasar wadah.

Baca juga: Musim Kemarau Tiba? Ini 5 Cara Mengatasi

2. Mengeluarkan bau menyengat: Air dengan kandungan besi yang tinggi cenderung akan mengeluarkan bau khas yang kuat dan menyengat. Perlu diketahui, bahwa bau yang dikeluarkan bukan bau busuk, tetapi bau besi dan tanah. Jadi, ketika air di rumah Anda mengeluarkan bau tidak sedap, maka besar kemungkinan air Anda terindikasi terkena kadar Fe. 

3. Air terasa licin: Ketika air Anda mengandung besi dengan kadar yang tinggi, Anda dapat merasakannya ketika Anda menyentuh air tersebut dengan tangan. Jika terasa licin seperti tercampur dengan minyak, maka itu dipastikan bahwa air Anda telah terkontaminasi dengan kandungan besi.

Baca Juga:  Mewujudkan Akses Air dan Sanitasi Layak Bagi Masyarakat Pedesaan

Menghilangkan Zat Besi Pada Air 

Untuk menghilangkan zat besi pada air, ada beberapa media filter yang bisa Anda gunakan, diantaranya: 

Baca juga: Ini Cara Mengenali, Mencegah, serta Memperbaiki Kebocoran Air

1. Manganese Greensand 
Menjadi media yang dipercaya menjadi metode paling efektif dalam menghilangkan zat besi karena mengandung permukaan pasir yang dilapisi dengan senyawa mangan dioksida. Ketika besi dan mangan bersentuhan dengan media, kedua zat ini akan dioksidasi keluar menjadi partikel padat untuk kemudian disaring. Media ini harus dicuci secara berkala dengan kalium permanganat agar flek besi yang terkumpul di saluran pembuangan dibersihkan. 

2. Ferrolite 
Terbuat dari material alami yang mengandung mineral zeolitik. Media filter ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan dan mengikat zat besi dari air. Serta, ferrolite juga mampu menghilangkan mangan dan beberapa logam berat lainnya. 

3. Birm 
Media yang satu ini menggunakan material silika yang dilapisi dengan senyawa mangan dioksida. Mereka bekerja dengan mengoksidasi zat besi terlarut menjadi partikel untuk kemudian diendapkan dan disaring.

Nah, jadi sekarang sudah paham kan kalau air itu menjadi sumber daya paling krusial di kehidupan kita ini? Memang, sekarang air masih berlimpah di muka bumi, khususnya tanah air Indonesia ini. Tapi, apa jadinya ketika kita tidak peduli dan tidak mau mengambil langkah tepat dan bijak terkait air ini? 

Oleh karena itu, pastikan mulai sekarang jangan abaikan praktik sehari-hari bahwa beragam bentuk senyawa ataupun benda perlu dihempaskan dan dipergunakan sebijak mungkin, supaya air tidak lagi tercemar besi. Di mulai sekarang, saat ini juga, dari diri kita sendiri agar anak cucu cicit kita dapat menikmati kebaikan yang diberikan oleh air kepada kita. 

Reference:

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda

Pesan Anda sudah terkirim!