fbpx

Inilah 5 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari

PDAM Info

Mandi adalah rutinitas yang harus dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari. Mandi air dingin di pagi hari sangat direkomendasikan untuk memulai hari, namun banyak yang tidak mau melakukan hal itu karena akan terasa sangat dingin.

Padahal, mandi air dingin di pagi hari memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

1. Membuat rambut dan kulit jadi halus

Mandi air dingin adalah salah satu cara untuk merawat kesehatan khususnya untuk rambut dan kulit Anda. Karena mandi air dingin bisa membuat kutikula rambut dan kulit menjadi lebih kencang.

Selain kutikula rambut dan pori-pori kulit yang mengencang, mandi air dingin di pagi hari juga membantu mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya yang menyumbat pori-pori dan kulit kepala.

Baca Juga: Ini Dia Jadwal dan Cara Pembayaran Tagihan Air Terbaru

2. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa mandi air dingin bisa membantu program penurunan berat badan dengan cara yang tak terduga? Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki dua jenis lemak yakni lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih adalah penumpukan lemak yang terdapat di pinggang, perut, dan leher. Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang digunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Lemak coklat akan terbakar jika terkena dingin yang cukup ekstrim. Maka dari itu, mandi air dingin dapat membakar lemak coklat dan meningkatkan metabolisme.

3. Meredakan gejala depresi

Mandi air dingin selama 5 menit jika dilakukan minimal 2-3 kali dalam seminggu dipercaya bisa membantu untuk meringankan gejala depresi atau stres. 

Mengapa bisa? Karena ketika Anda mandi menggunakan air yang dingin akan memicu hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Air Keruh Supaya Aman Digunakan & Dikonsumsi

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Jika Anda memilih mandi air dingin secara teratur maka akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Mengapa demikian, karena tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu normal tubuh ketika terkena air yang dingin.

Baca Juga:  Ini Dia Aplikasi Cek Tagihan PDAM !!!

5. Meringankan nyeri otot

Mandi air dingin sangat efektif dalam mengurangi nyeri otot yang datangnya terlambat ketika Anda selesai berolahraga. Dengan mandi air dingin terutama di pagi hari maka bisa membantu untuk mempercepat nyeri otot yang sedang menyerang.

Mengapa air dingin bisa meringankan dan mempercepat nyeri otot, karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang bisa membantu menenangkan nyeri otot setelah olahraga yang melelahkan.

Baca Juga: Musim Kemarau Tiba? Ini 5 Cara Mengatasi Kekeringan Air

Itulah beberapa manfaat mandi air dingin di pagi hari, namun perlu diingat bahwa kondisi tubuh setiap manusia berbeda-beda dan tidak semua orang boleh mandi air dingin.

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit serius dan ragu untuk mandi dengan air dingin, maka konsultasikan dengan ahlinya terlebih dahulu.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda

Pesan Anda sudah terkirim!