fbpx

Kebutuhan Dan Manfaat Air Putih Bagi Kehidupan Seseorang!

PDAM Info

Air putih, cairan ajaib yang melimpah di planet ini, adalah inti dari kehidupan. Meski kelihatannya sederhana, keberadaannya memiliki dampak luar biasa pada kesehatan dan vitalitas setiap individu. 

Namun banyak orang masih belum mengetahui bahwa berapa jumlah konsumsi air putih yang baik. Jumlah air putih yang dikonsumsi juga bervariasi tergantung dari usia, kondisi kesehatan serta aktivitas sehari-hari.

Jumlah konsumsi air putih berdasarkan usia:

1. Bayi (0-12 bulan)

Pada usia tersebut, bayi masih belum membutuhkan air putih. Karena sumber utama cairan mereka dari ASI atau susu formula.

2. Anak-anak (1-3 tahun)

Jika usia anak Anda ada di kisaran rentang 1-3 tahun, itu artinya mereka membutuhkan cairan 800-1.000 ml air putih per hari. 

3. Anak-anak (4-8 tahun)

Pada anak usia 4-8 tahun kebutuhan cairan sudah meningkat, mereka membutuhkan cairan mulai dari 1.200-1.600 ml per hari.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Mandi Air Dingin Di Pagi Hari

4. Remaja (9-13)

Memasuki usia awal remaja, pastinya kebutuhan akan cairan bertambah dan untuk usia ini membutuhkan cairan 1.600-2.000 untuk perempuan dan 2.000-2.400 untuk laki-laki.

5. Remaja (14-18)

Di usia remaja selanjutnya, saat kegiatan dan aktivitas semakin menguras banyak tenaga maka kebutuhan cairan yang diperlukan adalah 2.200-3.2–00 ml per hari.

6. Dewasa (19 tahun ke atas)

Pada umumnya kebutuhan cairan yang dibutuhkan untuk usia 19 tahun ke atas kurang lebih 2-3 liter (8-12 gelas) per hari. Namun bisa juga lebih dari yang direkomendasikan, semua tergantung dengan aktivitas fisik, suhu dan lingkungan serta kondisi kesehatan dari masing-masing individu.

Manfaat Konsumsi Air Putih

Selain untuk menghilangkan dahaga, air putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Apa saja sih?

1. Mencegah dehidrasi

Minum air putih sangat penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena jika Anda kekurangan cairan maka akan menyebabkan mulut kering, kelelahan, kepala pusing dan urine berwarna gelap serta bau yang menyengat.

2. Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan kelelahan dan membuat seseorang menjadi kurang fokus atau menurunkan konsentrasi. Hal ini menjadi dampak yang kurang baik untuk produktivitas.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sesuai dengan takaran yang sudah dibahas sebelumnya agar konsentrasi Anda tidak terganggu.

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Dan Cara Pembayaran Tagihan Air Terbaru

Baca Juga:  Cara Mudah Pengaduan PDAM Online

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Batu ginjal termasuk ke dalam penyakit keturunan, apabila ada keluarga kandung yang pernah mengalami penyakit tersebut maka risiko menurunnya menjadi lebih tinggi.

Namun dengan mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu untuk mencegah terkena batu ginjal. 

Karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine serta mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

4. Menjaga tekanan darah

Air merupakan bagian terbesar dari darah, maka jika Anda kekurangan cairan pada tubuh, darah akan lebih kental dan membuat ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium yang ada di dalam darah. 

Oleh karena itu, mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah Anda tetap normal. Dan aktivitas Anda menjadi tidak terganggu.

5. Meningkatkan stamina

Untuk menjalani kegiatan sehari-hari maka membutuhkan energi. Dan sumber energi tidak hanya bisa didapatkan dari makanan saja, namun juga dari konsumsi air putih yang cukup, karena air putih membantu Anda agar tidak lemas selama bergerak dan beraktivitas.

6. Memelihara kesehatan kulit

Semua orang pasti menginginkan kulit yang baik, halus dan terawat. Kurangnya cairan dapat membuat kulit menjadi kering tetapi dengan konsumsi air yang cukup sesuai rekomendasi dapat membuat kulit menjadi terhidrasi dan lembap.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda