fbpx

7 Cara Meningkatkan Kualitas Air di Rumah

Kualitas Air

Biasanya rumah yang kita huni saat ini tadinya merupakan zona rawa, sawah ataupun yang lain, nyatanya dapat pengaruhi mutu air di rumah. Tidak heran, tidak semua rumah mempunyai air bersih yang siap disantap.

Baca juga: Begini Cara Menghemat Air di Rumah

Tidak cuma kondisi di dekat tempat tinggal kalian yang dapat mempengaruhi kualitas air di rumah. Beberapa barang sebagai jalur air di rumah yang kalian pakai, nyatanya juga dapat mempengaruhi kualitas air di rumahmu, lho.

Tetapi, kalian tidak perlu takut bila tidak mempunyai kualitas air yang baik di rumah, sebab pada artikel ini bakal meberikan panduan ampuh supaya kalian dapat tingkatkan kualitas air dimana pun kalian tinggal nantinya. Check this out!

1. Lakukan pengecekan berkala pipa air

Buat tingkatkan kualitas air bersih di rumah kalian, pertama- tama yang wajib kalian lakukan yaitu dengan mulai mengevaluasi pipa air kalian.

Tidak hanya ditandai dengan pergantian warna serta rasa dikala kalian komsumsi air di rumah, pergantian tekanan air juga dapat jadi tanda- tanda masalah bila pipa air rumah kalian merupakan salah satu pemicu air di rumah kalian kurang baik.

Hasil korosi pada pipa bisa menimbulkan penyumbatan sebagian air yang terdapat di dalam pipa. Nah, penyumbatan sebain air ini bila dibiarkan dapat tercemar zat- zat kimia yang belum tersaring.

Bila pipa kalian mengalami kebocoran sebaiknya kalian pula lekas mengecek bagian bidang luar pipa supaya kebocoran lekas diatasi.

Pengecekan pipa secara berkala ataupun penggantian pipa sebaiknya kalian serahkan kepada ahlinya ya.

2. Uji kelayakan air sumur rumahmu

Bila kalian memakai air sumur buat dikonsumsi, langkah awal buat memastikan apakah kualitas air sumur di rumahmu layak buat dikonsumsi yaitu dengan melaksanakan uji kelayakan air.

Dengan melaksanakan uji kelayakan air ini kalian dapat mengenali apakah air sumur di rumah terkontaminasi zat berbahaya ataupun tidak serta layak dikonsumsi.

Bila sehabis di uji air sumur di rumahmu bebas dari kontaminasi zat kimia, kalian serta keluarga diperbolehkan buat mengkonsumsinya ya.

Tetapi, bila sehabis dicoba pengujian air sumur di rumahmu terkontaminasi zat kimia yang berbahaya. Kalian dapat melakukan perawatan air dengan mengkonsultasikannya dengan pakar air besih ya.

Baca juga: Proses Pengolahan Air Bersih

Jangan lupa buat cek secara berkala pompa ataupun wadah yang digunakan buat mengambil air apakah mengalami keretakan ataupun kebocoran. Karena bila sumur mengalami keretakan, hal itu dapat berdampak air sumur dapat terkontaminasi oleh kotoran ataupun sedimen.

Baca Juga:  3 Cara Daur Ulang Air Limbah

Buat menanggulangi kebocoran serta keretakan sumur, kalian dapat mengkonsultasikan ke professional yang bisa memastikan kalian memperoleh perbaikan air sumur yang benar.

3. Sistem penyaringan air

Bila kalian memiliki cukup uang, kalian dapat membuat sistem penyaringan air yang terbaik buat memastikan kamu serta keluarga komsumsi air dengan kualitas terbaik.

Mengutip pepatah“ sehat itu mahal” pasti kesehatan kalian serta keluarga jauh lebih berarti dari seberapapun banyak uang yang kalian keluarkan.

Tetapi, langkah awal yang wajib kalian jalani buat memperbaiki kualitas air rumah kalian merupakan dengan mengetahui sistem mana yang sangat cocok buat rumahmu ya.

4. Sistem penyaringan seluruh kotoran

Ini merupakan salah satu penyaringan yang dapat kalian pakai termasuk buat mandi serta mencuci.

Umumnya, sistem penyaringan ini dipasang di jalan pasokan air utama di segala rumah sampai mengaitkan filter serta sistem utama.

Mengingat sistem ini lumayan kompleks, buat memasangnya kalian juga wajib percayakan ke professional ya.

5. Memasang alat di saluran air

Bila air di rumah kalian pada biasanya baik- baik saja, tetapi terkadang air bercorak serta menghasilkan bau ataupun mempunyai rasa yang aneh, kalian dapat menanganinya dengan memakaikan perlengkapan pembersih yang dipasang di saluran air rumah kalian.

Perlengkapan pembersih yang terpasang pada saluran pasokan air ini bakal masuk ke wastafel ataupun kulkas kalian serta membuatnya jadi lebih bersih, tidak bercorak, tidak berbau, serta tidak berasa.

Baca juga: Parameter Standar Kualitas Air yang Baik

Biasanya orang yang mengenakan alat ini dapat memasang langsung di keran, supaya lebih mudah memperoleh air bersih.

6. Sistem reverse osmosis

Sistem reverse osmosis umumnya dipasang pada wastafel, tetapi tidak cuma di pasang pada wastafel, sistem reverse osmosis pula ada modelnya berupa keran.

Metode kerja sistem reverse osmosis ini melupakan sebagian serangkaian membran yang bisa melenyapkan kuman, sedimen serta polutan.

Oksigen serta sebagian mineral natural yang baik dari dalam tanah dibawa oleh sistem reverse osmosis, sehingga membuat air minum yang kalian mengkonsumsi lebih baik.

Kompleksitas dari sistem reverse osmosis buatnya sangat baik dipasang oleh seorang profesional.

7. Penyulingan

Sistem penyulingan dapat menyingkirkan seluruh kotoran dari air, termasuk mineral serta oksigen. Metode kerja sistem penyulingan ini ialah dengan memanaskan air guna membuat uap, kemudian mengembun ke dalam air sehingga menciptakan air bersih yang baik dikonsumsi.

Baca Juga:  Ini Cara Pembayaran Tagihan Air dengan ShopeePay!

Sistem penyuling ini umumnya tidak begitu susah dipasang. Biasanya banyak owner rumah memasang penyulingan air sendiri tanpa memohon dorongan seseorang handal.

Nah, itu dia metode ampuh buat tingkatkan kualitas air kalian di rumah. Bila kalian mempunyai kekhawatiran tentang mutu air minum di rumah, hendaknya kalian cuma komsumsi air tersebut bila telah dimasak hingga titik didih yang baik.

Tetapi, bila kasus air di rumah kalian lebih dari itu sampai dapat membahayakan kesehatanmu serta keluarga, kalian dapat melakukan penggantian pipa air, mengecek sumur yang kalian pakai buat memperoleh air bersih, ataupun dengan memasang sistem penyaringan air ataupun penyulingan air yang dapat menolong kalian memperoleh air bersih serta menyegarkan semacam cara- cara di atas.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda