fbpx

Begini Cara Menghemat Air di Rumah

Menghemat Air

Air ialah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia. Manfaatnya sangat banyak guna rumah tangga, buat dikonsumsi, buat cuci piring serta baju, buat di kamar mandi, sampai untuk berkebun.

Umumnya buat memperoleh air bersih di rumah, terdapat beberapa metode yang dapat dicoba. Mulai dari membuat sumur bor, membeli air di penjual keliling, sampai berlangganan air di Perusahaan Daerah Air Minum( PDAM).

Baca juga: Cara Mengecek PDAM Online

Bila memilih buat berlangganan air di PDAM, maka tiap bulannya perusahaan distribusi air bersih tersebut bakal memberikan tagihan sesuai dengan jumlah air yang digunakan. Sama seperti tagihan- tagihan yang lain, apabila tidak teliti bisa jadi tagihannya bakal membengkak serta menghabiskan isi kantong.

Pasti seluruh orang tidak mau seketika bangkrut lantaran mesti membayar tagihan air yang membengkak? Guna mencegahnya pembengkakan tagihan, simak saja panduan serta serta trik menghemat tagihan air PDAM berikut ini.

Pastikan Tidak Ada Kebocoran Keran Air PDAM

Setiap air yang mengalir, baik yang digunakan dengan sepengetahuan Kamu ataupun tidak, bakal tercatat pada meteran air yang sudah dipasang di rumah. Kamu juga mesti tetap membayar air yang yang bocor tersebut walaupun tidak digunakan sama sekali.

Sehingga itu lakukanlah pengecekan keran, pipa, serta saluran air yang lain di rumah secara teratur. Bila diakumulasikan, air yang keluar dari celah yang bocor dapat mencapai 20 liter perharinya.

Cukup banyak‘ kan? Bila kebocoran yang terjadi pada keran ataupun pipa air pada bagian luar belum bisa dibetulkan, tampunglah air tersebut agar bisa digunakan untuk keperluan lagi.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat

Tips buat Kamu, rembesan yang terjadi pada wc ataupun kloset duduk dapat Kamu tahu dengan membagikan zat warna ataupun pembersih kloset berwarna yang ditempatkan pada tangki. Metode lain buat mengetahui bila terdapat kebocoran yang terjadi merupakan roda gigi yang senantiasa bergerak walaupun segala aliran air sudah dimatikan.

Memakai Air PDAM Seperlunya

Langkah menghemat air di rumah dapat dicoba dengan metode bermacam metode, diawali dari metode yang sederhana. Misalnya, tidak membiarkan keran tetap mengalir kala tengah menyikat gigi ataupun mengusap cucian piring dengan sabun.

Dengan melaksanakan hal tersebut, masing- masing orang di rumah Kamu bisa mengurangi pemakaian air sampai 4 liter per menitnya lho. Membatasi waktu mandi serta memakai shower ataupun pancuran juga sangat menolong mengurangi penggunaan secara signifikan.

Baca Juga:  3 Jenis Sumber Air Yang Ada di Dunia

Kemudian, jangan membuang benda- benda semacam kertas, tisu, sisa pembalut ke dalam kloset. Guna menekan sampah tersebut masuk ke dalam saluran dibutuhkan air dalam jumlah yang sangat banyak!

Tampung Air Sebagai Cadangan

Metode menghemat air ini dapat Kamu jalani terutama di tengah masa hujan seperti ini. Taruh ember ataupun wadah- wadah yang lain di luar rumah, khususnya di dasar genting. Kamu dapat menyimpannya serta memakainya buat menyiram tumbuhan kala hari tengah kering.

Baca juga: Ini Dia Negara Dengan Pengelolaan Air Bersih Terbaik!

Jangan lupa tutup ember ataupun wadah tersebut supaya tidak jadi sarang nyamuk untuk bertelur. Air tersebut juga dapat Kamu manfaatkan buat cuci motor ataupun mobil Kamu. Tetapi, jangan langsung gunakan air tersebut melainkan endapkan dahulu supaya pasir- pasirnya tidak turut terbawa serta menggores bagian bodi kendaraan Kamu.

Sebagai informasi, cuci mobil kira- kira hendak menghabiskan 150 liter air lho! Tidak hanya air hujan, tampung pula air sisa cuci pakaian, cuci beras, ataupun membasuh serta merebus mie instan serta pasta.

Efisien Memakai Air PDAM

Salah satu metode mengefisienkan penggunaan air merupakan mengenali waktu- waktu yang pas buat menyiram tumbuhan di musim kemarau. Jangan menyiram tumbuhan di siang hari sebab panas dari matahari bakal membuat air cepat menguap. Perlu diingat, jangan lupa menyiram tanaman secara berlebihan dan menyirami lebih cepat dari kemampuan tanah untuk menyerap air.

Lakukan Kalibrasi Alat Pengukur

Kala Kamu sudah mencatat pemakaian air dengan seksama tetapi tagihan Kamu tetap membengkak. Maka sebaiknya untuk melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran( kalibrasi). Bila air yang keluar lebih sedikit dari total angka yang meningkat, makan segera laporkan pada petugas PDAM. Dengan begitu, Kamu bakal mengenali bila terdapat kesalahan yang terjadi pada PDAM ataupun terjadi kebocoran pada rumah Kamu.

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda