fbpx

Yuk Kenalan Sama Sifat Unik Dari Air!

ini-dia-sifat-unik-dari-air

Air menjadi sumber daya paling penting untuk melangsungkan kehidupan manusia di muka bumi ini. Tahukah Anda hampir 71% permukaan bumi ini dipenuhi oleh air? Menariknya lagi, air hadir dalam tiga wujud yaitu akan berbentuk cairan ketika di laut, menjadi es yang mengambang dan ketika air laut atau air yang di darat menguap, air akan naik menuju ke langit dan berkumpul di udara sebagai uap air untuk kemudian membentuk gumpalan air yang disebut dengan awan. 

Air ini bisa kita ibaratkan seperti barang bebas. Apa maksud dari barang bebas? Nah, barang bebas itu artinya air bisa didapatkan kapan saja dan dimana saja secara bebas baik bukan hanya untuk manusia, tetapi juga tumbuhan dan hewan. Berarti, kita bisa mendapatkan air dengan mudah walaupun di masa tertentu misalnya musim kemarau panjang, keberadaan air bisa saja menjadi barang langka.  

Air juga menjadi jenis benda yang mudah berpindah karena wujud air yang identik yaitu cair. Dengan sifat identiknya ini, air terbilang istimewa karena sifatnya yang tak dimiliki oleh jenis benda lain seperti benda padat atau benda gas. Sehingga, saking melekatnya sifat cair ini terhadap air sampai-sampai dijuluki sebagai “sifat air”. Namun, sifat air bukan hanya karena wujudnya yang identik, tetapi ada bermacam-macam sifat air lainnya. 

Lalu, apa sajakah sifat-sifat air itu? Yuk, kita cari tahu bersama di artikel ini! 

Mengenal Sifat Air 

  1. Memiliki Massa 

Massa ini bukan hanya dimiliki oleh air, tetapi dimiliki oleh semua jenis benda termasuk benda cair seperti air. Sifat ini bisa dibuktikan secara nyata dengan menggunakan botol. Botol minum yang kosong pasti akan lebih ringan dibandingkan dengan botol minum yang terisi penuh dengan air. Ini membuktikan bahwa air memiliki massa atau berat. 

  1. Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah 

Prinsip air selalu bergerak dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah. Faktor yang mempengaruhi mengalirnya air karena adanya gaya gravitasi bumi. Artinya, air yang ada di tempat tinggi akan mengalami gaya tarik gravitasi bumi dan inilah yang menyebabkan air turun ke tempat yang rendah. 

  1. Permukaan selalu datar 

Air akan selalu memiliki permukaan yang datar sekalipun dalam keadaan diam. Ini karena air memiliki tekanan untuk membentuk sesuai wadahnya. Jadi bagaimanapun bentuk wadahnya, benda cair pasti akan selalu datar. Sekalipun air bergelombang seperti yang sering kita lihat di laut atau sungai, ini karena efek tekanan untuk menuju ke segala arah, sehingga air terus bergerak dan tidak dalam kondisi yang tenang. 

  1. Bisa melarutkan beberapa zat 
Baca Juga:  5 Cara Mengolah Air Keruh Supaya Aman Digunakan & Dikonsumsi

Sifat air yang satu ini tergolong unik sekaligus menjadi yang paling populer. Air terpercaya karena kemampuannya yang bisa melarutkan beberapa zat dan kerap kali dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita semua tahu bahwa air memiliki rasa yang tawar, tapi itu semua bisa berubah hanya dengan menambahkan gula ke dalam air dan diaduk. Atau ketika kita ingin membuat minuman, air yang tadinya tidak memiliki rasa, karena kita menambahkan gula saja bisa menjadi manis. Ini artinya ketika kita memasukkan zat (gula, garam), maka zat tersebut perlahan menghilang, melebur dan menyatu dengan air. 

  1. Kapilaritas 

Dengan sifat kapilaritas ini, air dapat meresap melewati celah kecil. Dengan bantuan sifat ini juga membantu pergerakan air dalam melawan gaya gravitasi yaitu bergerak ke arah atas. 

  1. Menekan ke segala arah

Air memiliki sifat yang dapat menekan ke segala penjuru. Ini bisa dibuktikan ketika Anda secara tidak sengaja menumpahkan air ke atas permukaan yang datar, pasti air tersebut akan menyebar ke semua arah atau penjuru. Baik itu ke sisi kanan, kiri, belakang, semua akan terkena air dengan porsi yang sama. 

Itu dia sederet sifat unik yang menjadikan air sebagai komponen paling penting bagi kehidupan di bumi dan banyak proses alamiah yang terjadi di dalamnya. 

Reference: 

Search

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Dapatkan Informasi Terbaru Dikirim ke Email Anda